Cupang Giant alias Giant Betta

Cupang Giant atau yang kita kenal Giant Betta Fish


Ikan Cupang Giant atau Giant Betta adalah ikan cupang yang berukuran lebih dari normal, Panjang tubuh Ikan Cupang Hias Giant ini dapat mencapai +/-12 cm. Cupang raksasa ini terlihat sangat besar dengan bentuk tubuh yang tebal. Karena besarnya, terlihat cupang ini tidak seaktif cupang normal, namun tetap memiliki keagresivitasan sebagaimana layaknya Ikan cupang. Insang terbuka dengan gerakan siap menyerang selalu diperlihatkan ketika bertemu musuhnya. Sirip akan dinaikin seakan memperlihatkan kemarahannya. Keindahan cupang hias masih terlihat namun untuk cupang raksasa jenis halfmoon dan serit belum didapat bentuk sirip yang sekokoh cupang halfmoon dan serit yang normal.

Penemu Cupang Giant yang pertamakali adalah Mr. Athapon (Uncle Sala) dan anaknya Mr. Natee, peternak Thai pemilik Diamond Fish Farm yang pertama kali mengembangbiakan cupang raksasa pada tahun 1999. Mereka mendapatkan seekor cupang plakat yang memiliki panjang 4 inchi (10 cm) dikolam mereka dan memiliki ide untuk mengembangkan cupang tersebut. Mereka mencari indukan betina yang besar dari sekitar 300 an kolam mereka untuk pasangan si cupang plakat raksasa yang mereka miliki. Dengan tidak pantang menyerah mereka mengawin silangkan cupang raksasa tersebut sehingga dicapai ukuran dan bentuk yang dikehendaki. Pada tahun 2001 Uncle Sala mulai memasarkan cupang raksasanya dan menamakannya Giant Betta. Setahun kemudian dikirimnya giant betta ini mengikuti kontes cupang internasional IBC di Amerika Serikat. Ketika itu harga seekor giant betta ditawarkan di Aquabid seharga US$ 1000 dan terjual.

Pada awalnya untuk mencapai ukuran 3 inchi (7.5 cm) dibutuhkan waktu 8-9 bulan namun sekarang untuk mencapai ukuran yang sama dapat dicapai hanya dalam waktu 5 bulan saja. Sementara sirip dan warna sudah berkembang semakin bervariasi sehingga didapat giant halfmoon, giant double tail, giant crowntail. Ukuran terbesar yang dapat ditemukan adalah 5 inchi (12.5 cm) pada giant berumur lebih dari 1 tahun.

Tips dalam memilh dan membeli Cupang Giant

-Cari informasi apakah cupang Giant tersebut.. dari sumber2 yang tepat..seperti website or para pehobiis cupang Giant itu sendiri.

-Siapkan dana yang sesuai dengan kualitas yang kita inginkan..

-Datang langsung ke farm breeder Giant…,atau pesan dari breeder giant yang sudah terpercaya.

-Tanyakan umur dan ukuran kepada si penjual atau breeder Cupang Hias Giant..,Idealnya umur 3,5 bulan s/d 4 bulan sudah masuk ukuran Junior Nasional yaitu diatas 5 cm (badan)

-Dianjurkan…Belilah Giant dengan ukuran yang sudah minimal masuk ukuran kelas Giant Junior

-Ikan harus terlihat aktif..

-Bentuk body dan fin (Sirip) harus proporsional

-Bentuk body terlihat tidak terlalu gendut

Tips dalam merawat Cupang Giant

Untuk pemeliharaan Giant…
Pada umumnya pemeliharaan Giant sama persis dengan perawatan dan pemeliharaan cupang yang selama ini kita kenal.
mungkin ada sedikit perbedaan dari tempat pemeliharaa/aquarium dari segi ukuran,karena harus disesuaikan dengan ukuran Giant tersebut,tetapi kalau untuk memelihara giant yang berumur 2,5 bln sampai dengan 3,5 bln masih bisa digunakan aquarium 15cm X 15cm atau 20cm X 15cm.

Tetapi kalau sudah memasuki umur 3,5 bln lebih sebaiknya di pindahkan ke aquarim ukuran 25cm X 25cm atau aquarium ukuran S yang biasa dijual di toko2 aquarium/ikan. Ini dilakukan untuk memancing pertumbuhan dan ruang gerak giant tersebut menjadi lebih baik.

Menambahkan aerator/gelembung udara utk di aquarium Giant yang umurnya sudah lebih dari 3,5 bln ini dimaksudkan untuk memancing..agresivitas dari giant tersebut..dan terlihat lebih aktif…karena giant yang ukurannya sudah besar lebih banyak terlihat diam dibandingkan bergerak nah aerator tersebut dapat memancing giant utk bergerak lebih banyak dibanding diam..utk segi pemberian pakan biasanya yang saya lakukan untuk umur 2 bln sampai umur 4,5 bln dapat mencapai 4 s/d 6 kali sehari dengan jenis makanan yang berganti-ganti,kalu utk umur 4,5 bln keatas volume makanan saya kurangi…menjadi 2 s/d 3 kali sehari secukupnya…dikarenakan umur dewasa ini lebih ekstra perhatian dalam pemberian pakan…sehubungan dengan sistem pencernaan yang sudah mulai melemah..
mungkin ini adalah sedikit tips dan sharing dari saya…yang juga masih pemula..

F.A.Q tentang Cupang Giant

1. Saya baru beli giant marble kata penjualnya umur 3bln ukuran 5cm an, karena saya tidak tahu brp umur sebenarnya apa cara tidak kita tahu umur ikan dari lihat bagian tertentu?

Utk melihat umur ikan memang agak sulit kita menentukannya, sebatas memperkirakan ikan tersebut masih muda atau sudah tua mungkin bisa dilakukan dan itupun belum tentu tepat..,kalau berdasarkan pengalaman pribadi..saya melihat dari ketebalan sisik terutama di bagian pipi…,sebaiknya memang kita tanya langsung kpd breedernya dan mempercayainya…

2. Standart ukuran dan umur brp baru kita bilang giant?

Ukuran utk Giant Idealnya adalah 5,5 cm (body) umurnya biasanya sekitar 3,5 sampai 4,5 bulan..sudah harus mencapai ukuran tersebut

3. Kita harus kuras air untuk giant brp hari sekali?

Utk hal penggantian air sama seperti ikan cupang pada umumnya kalau saya utk Giant yang sedang dalam masa pertumbuhan…yaitu umur 3 bulan smapai 5 bulan saya melakukan sedot tambah air sebayak 50 % setiap harinya dan melakukan penggantian air 100 % setiap 3 hari sekali…dan utk Giant yang sudah dewasa biasanya hanya sedot kotorannya saja dan tiap 3 hari sekali baru ditambah airnya dan tiap 5 hari baru kita ganti 100 % airnya

4. Untuk makanan saya biasanya kasi udang sehari 2-3x tapi seringnya 2x apakah itu cukup?

Sudah lebih dari cukup dan udang adalah makanan yang sangat baik..biasanya utk Giant yang sedang dalam masa pertumbuhan makanan Udang ini sangat dibutuhkan karena banyak mengandung proteinnya..

5. Giant saya tidak mau makan cacing beku, makanan apa yg bagus untuk giant?

Pada umumnya…Giant sangat rakus makannya tetapi ada juga Giasnt yang harus kita jarkan atau topleskan dulu utk mengenal makan barunya biasanya dilakukan dengan cara dipuasakan dulu utk memancing nafsu makannya semakin besar…lalu kita beri sedikit utk dikenalkan kpd makanan tersebut…..biasanya dia langsung memakannnya, untuk giant yang sedang dalam masa pertumbuhan maknan yang terbaik adalah makanan yang banyak mengandung lemak dan protein dengan kata lain kita harus mengkombinasikan makan giant tersebut,jenis2 makanan yang biasa digunakan utk Giant yang sedang dalam masa pertumbuhan..adalah Cacing sutra,Cuk / Jentik Nyamuk,Blodworm,pelet khusus Giant,Udang.
Kalau utk giant dewasanya biasanya kita berikan makanan yang banyak mengandung protein.

Sistem tubuh cupang giant dan berbagai penyakit yang sering terjadi pada cupang giant

Secara genetik giant itu masih belum sempurna, baik size, color dan system tubuhnya … ( itu sebabnya muncul giant geno, mutasi dan simpangan warna, dll )

Karena efek belum sempurnanya giant secar genetik maka system tubuh giant juga masih belum sempurna, karen Giant sendiri di ciptakan melalui proses breeding yg walaupun cukup lama namun dibanding dengan jenis reguler dia dapet dikatakan masih tertinggal

Salah satu efek yg terlihat adalah system kekebalan tubuhnya akan penyakit yg lumayan riskan dan ditambah dengan luasnya ukuran badannya maka ia rentan akan serangan penyakit ….

Dan efek dari system kekebalannya yg belum baik maka daya adaptasi dengan lingkungan barunya yg terkadang terdapat banyak faktor seperti suhu, pakan, penyakit, dll lebih lambat dibanding reguler betta yg lain ….

Kasus tersering adalah muka bengkak, mati kaku dan penyakit pencernaan …

1. Muka bengkak, biasanya di picu oleh kondisi air yg berubah scr drastis maupun air yg kotor, kondisi air yg berubah scr drastis membuat giant stress ( cara mudah liat giant stress adalah sirip dayung dan insang yg bergerak cepat serta badan yg bergetar ) shg parasit atau jamur yg menyerangnya mendapat kemudahan krn makin hilangnya daya tahan tubuh ikan ….

Akibat serangan parasit biasanya menimbulkan satu spot luka yg jika terlambat penangannya membuat muka ikn bengkak terutama pd bagian insang, why ? krn luka kcl td menjadi backdoor msknya bakteri2 lain yg membuat infeksi pada tubuh ikan …. infkesi yg terus berlanjut biasanya akan membuat kerusakan permanen pd tubuh ikan, jika yg rusak adalah bagian organ pernapasan maka ia akan mengalami gagal napas yg berimbas kematian ….

2. Mati kaku, ini seringkali disebabkan serangan bakteri atau parasit yg lgs msk ke system pernapasan, biasanya ini cepat sekali prosesnya, hal yg terlihat adalah lompatan ikan pd saat mengambil napas dan insang yg bergerak dgn cepat ….

3. Penyakit pencernaan, kasus tersering yg terjadi …
Daya makan giant yg luar biasa bsr seringkali justru menjadi titik lemahnya, jd saat melakukan pemberian pakan sebaiknya di lakukan perendaman pakan dgn obat2 an anti bakteri dan anti hexa …

Ada 2 macam serangan penyakit pencernaan yg kerap terjadi, yakni dropsy dan flagelata … dropsy disebabkan olh bakteri yg menyerang system pencernaan ikan shg proses sekresi atau buang air tdk dpt berfungsi dgn baik sdgkan flagelata disebabkan olh semcam cacing yg membawa bakteri penyebab luka usus, biasanya gejalanya adalah kotoran berwrna putih dan panjang menjuntai spt cacing …

Bagaimana cara mengatasi mslh diatas ?

Sbnrnya hal2 tsb dpt diatasi atau di minimalisir dgn bbrp cara pola rawtan yakni :

1. Mengatasi scr genetik dgn menggunakan metode adaptasi, lakukan breeding dgn kondisi yg akan dihadapi, biasanya hasil breedingan dgn kondisi yg akan dihadapi akan membuat daya adaptasi giant lbh baik krn sejak kcl dia dibiasakan dgn kondisi yg ada, ini cara yg cukup baik dan sy lihat giant2 anakan lokal memiliki daya adaptasi yg jauh lbh baik dibanding giant import ….

2. Mengkondisikan air yg akan digunakan dgn cara :

- lakukan pengendapan air yg lbh lama, krg lbh 3 hari, krn bbrp penyebab penyakit memiliki wkt hidup yg jika tdk menemui inang atau tempat menempelnya dia akan mati

- Pemberian anti bakteri alami spt larutan daun ketapang …

- pemberian larutan anti bakteri, jamur, dll ( harap perhatikan dosis utk tahap perawatan bkn pengobatan )

- Utk Giant yg berukuran bsr 7-8 cm lbh terutama yg di dpt dr import, sebaiknya di kondisikan dgn cara membiasakan dgn air yg ada dgn melakukan pergantian air scr bertahap alias jgn lgs full melainkan dgn tahapan 1/4 di minggu 1, kemudian 1/2 di minggu 2, 3/4 di minggu 3 dan full di minggu 4, sdgkan utk kesehariannya cukup dilakukan penyedotan kotorannya saja …

Utk PH air sebaiknya gunakan di kisaran 6,5 – 7,5 …

( nanti akan sy sharing bagaimana cara memperlakukan giant berukuran bsr dan di dpat dr import yg memerlukan wkt utk tiba di rmhnya )

3. Mengkondisikan pakan sblm diberikan
Utk pakan yg akan diberikan ( kecuali pakan buatan yg menurut labelnya sdh steril ) adalah memberikan larutan anti bakteri, protozoa, jamur, dll pd pakan dan didiamkan minimal 1/2 jam sblm diberikan ( lbh lama lbh baik, hanya saja ada bbrp jenis pakan yg tdk tahan di rendam terlalu lama pd jenis obat2 tertentu ) fungsi dr perendaman adalah selain menghilangkan bibit penyakit yg ada pada pakan jg utk membuat obat2 an tsb akan terserap pd pakan shg pd saat diberikan lgs menuju sasaran pd organ dlm ikan …

Bisa jg melakukan replacement dgn pakan buatan, cm byk jg kasus dimana ikan ngga doyan dgn pakan buatan, biasanya lakukan puasa bbrp hr utk menimbulkan rasa lapar pd ikan, shg diharapkan akan membuat ikn jd doyan …

Sebelum pemberian pakan sebaiknya pastikan kotoran ikn sdh bersih krn ditakutkan ada bibit penyakit yg mendompleng pd kotoran tsb yg tercampur pda pakan saat sdh msk ke dlm aquarium

Utk pakan yg turun k dsr ( cacing sutera maupun blood worm hidup, sebisa mungkin jika tdk habis lgs dibuat krn mrk memiliki tipikal menggulung kotoran ikan dan takutnya jika si ikan lapar trus makan lagi kemungkinan ada kotoran yg ikut msk di perut ikan ….

itu aja yg dpt sy sharing terlebih dahulu dan klo kt lihat sbnrnya pola rawatannya tdk terlalu jauh berbeda dgn ikan reguler hanya saja ada bbrp hal yg perlu diberi perhatian lbh ….

untuk lebih jelas informasi mengenai penyakit pada Cupang Hias Giant dapat di dilihat di artikel penyakit ikan cupang


Salam Cupang,



Betta 138

0 komentar:

Poskan Komentar